Libur Lebaran, Bupati Luwu Utara Ajak Keluarga Keliling Fort Rotterdam

suhardi, 07 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MAKASSAR - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan masa libur lebaran. Di hari ke-3 Id Fitri, orang nomor satu di Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengajak suami Muhammad Fauzi dan kedua putrinya, Sarah dan Naura untuk berwisata.

Tidak seperti kebanyakan, Bupati Indah memilih wisata sejarah di Benteng Rotterdam Makassar, Jumat (7/6).

"Sengaja mengajak anak-anak untuk wisata sejarah agar bisa wisata sambil belajar," kata Indah di sela-sela kunjungannya.

Putri kedua Indah dan Fauzi, Naura mengaku senang bisa berwisata sambil mengenal sejarah. "Cukup senang, soalnya bisa lihat penjara bawah tanah, main ke Museum La Galigo lihat baju bodo, kapal pinisi, bagang perahu, bendi, dan mengenal hari-hari baik dan buruk untuk turun ke sawah," ucap Naura.

Diketahui Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrugau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapari'si' kallonna. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. (***)

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu